Selasa, 06 November 2007

Bahasa Orang Medan yang Unik

Kalau anda bukan orang medan atau sumatera, apalagi kalau anda orang jawa, pasti anda bingung kalau berbicara menggunakan bahasa indonesia dengan mereka. Pilihan kata-katanya unik dan tidak biasa digunakan dalam percakapan keseharian orang jawa.
"Pas aku raon-raon semalam, ada kereta belanggar ku tengok" kalimat ini pasti akan membingungkan anda, jika anda belum pernah berinteraksi dengan orang medan sebelumnya. Tetapi bagi anda yang sudah pernah berinteraksi/berbicara dengan orang medan, anda pasti akan langsung mengerti dan dapat mencerna apa yang dimaksudkan dalam kalimat tersebut.
"Waktu saya jalan-jalan kemarin, saya lihat ada motor tabrakan/kecelakaan" kalimat ini kurang lebih merupakan tafsir dari kalimat sebelumnya.
Kata semalam/kemarin dalam pemahaman orang medan dan orang non medan bisa berbeda artinya. Kalau orang medan memaknai semalam dengan 1 hari yang lalu dan kemarin dengan 2 hari yang lalu, maka orang jawa akan memaknai semalam dengan tadi malam dan kemarin dengan 1 hari yang lalu.
Sama dengan kata semalam dan kemarin, kata motor/kereta juga menunjukkan benda yang berbeda jika diucapkan oleh orang medan. Kereta dalam kamus orang medan berarti motor/sepeda motor, sedangkan kereta menurut orang jawa adalah kereta api menurut orang medan. Entah apa alasan orang medan tetap mempertahankan frasa kereta api untuk menunjukkan kereta, padahal kereta sekarang kan sudah banyak tidak menggunakan uap.
Alasan saya menulisakan ini lebih pada pengalaman saya sebagai seorang mahasiswa rantau dari medan, yang sempat mengalami kesulitan berbahasa di awal-awal masa perkuliahan saya. Alhamdulillah kesulitan berbahasa tersebut dapat segera saya atasi, bahkan kalau saya pulang ke medan, malah saya yang dituduh teman-teman, adik dan orang medan lainnya sebgai seorang yang kehilangan identitasnya sebagai seorang anak medan. Alhasil ketika saya di jawa (yogya) saya berupaya sekeras mungkin menggunakan pilihan kata orang-orang jawa. Namun, saat saya di medan/rumah saya kembali menggunakan frasa dan kata-kata yang digunakan orang medan pada umumnya.
Masih banyak lagi sebenarnya pilihan kata yang unik jika orang medan (termasuk saya sendiri) berbicara. Diantaranya:
    • Simpang Empat = Perempatan
    • Rol = Penggaris
    • Mati Lampu = Mati Listrik
    • Koyak = Sobek/Robek
    • Golek-golek = Tidur-tiduran
    • Raon-raon = Jalan-jalan
    • Usah = Jangan
    • Cemana = Gimana/Bagaimana
    • Kali (cth: frasa banyak kali) = Banget
    • Belanggar = Tabrakan
    • Jumpa = Ketemu
Semoga bermanfaat dan anda gak bingung lagi kalau harus ngobrol ama orang medan.
Nov 6, '07 11:14 PM
postingan dari blog lama

1 komentar:

  1. keknya adek ingat pernah baca tulisan ini waktu belum kenal abang hahaha...

    BalasHapus